MPPL Tugas 1

FACEBOOK

Deskripsi

Facebook merupakan salah satu layanan jejaring sosial. Layanan tersebut didirikan oleh Mark Zukerberg dengan teman sekamarnya yang merupakan mahasiswa Harvard University, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Facebook dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi Big Four, nama yang digunakan untuk menggambarkan empat perusahaan teknologi multinasional yang memiliki perkembangan teknologi pesat, Bersama dengan Amazon, Apple, dan Google. Pada tahun 2018, facebook menduduki peringkat ke 9 sebagai best global brands dengan nilai pasar sebesar 45.168 $m.

Awal Mula Pembuatan Website (Lama Pembuatan Aplikasi)

Pada tahun 2003, Mark Zuckerberg membuat website online yang memiliki nama Facemash pada saat tahun kedua kuliah di Harvard University. Facemash merupakan website untuk membandingkan dua orang dan user dapat memilih mana yang lebih cantik / ganteng. Namun, website tersebut dituduh melanggar privasi individu. Pada akhirnya, tuduhan tersebut dibatalkan.

Setelah kejadian tersebut, Mark Zuckerbeg mengembangkan project facemash dengan mengubah tujuan, yang awalnya membandingkan dua orang menjadi alat studi sosial untuk ujian seninya. Mark mengupload semua gambar dengan bagian komentar dan membagikannya ke teman-temannya.

Pada bulan Februari 2004, Mark Zuckerberg meluncurkan thefacebook.com yang menampilkan seluruh profil mahasiswa Harvard University. Website tersebut berkempang pesat hingga thefacebook merambat ke seluruh universitas di Amerika dan Kanada. Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes membantu Mark Zuckerberg mengolah perkembangan website tersebut. Pada pertengahan 2004, thefacebook menghilangkan kata “the” setelah membeli domain facebook.com.

Pada tahun 2005, Accel Partners menginvestasikan 12.7 $m di facebook. Facebook berkembang dari universitas menjadi universitas, SMA, dan karyawan kantor.
Pada tahun 2006, Facebook mulai terbuka untuk kalangan umum yang memiliki setidaknya berumur 13 tahun ke atas dan memiliki alamat email.

Budget yang Diperlukan

Banyak sekali dana yang perlu “dikorbankan” untuk Facebook berkembang mulai dari Facemash. Mark Zuckerberg dan Eduardo Saverin menginvestasikan 1000 $ untuk mengembangkan dan menjalankan thefacebook. Pada saat thefacebook menjadi facebook, Mark Zukerberg harus membeli domain tersebut. Pada saat itu domain facebook berhasil dibeli Mark Zuckerberg dengan harga 200.000 $. Pada tahun 2015 dan selanjutnya, Facebook mulai mendapat investasi besar dari perusahaan besar.

Alat yang Digunakan 

Facebook menggunakan Bahasa pemrograman PHP yang dicompile dengan HipHop. Dengan HipHop, Bahasa PHP akan diubah menjadi C++ bertujuan untuk mengurangi CPU consumption.
 

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Facebook
https://en.wikipedia.org/wiki/Facebook
https://en.wikipedia.org/wiki/Big_Four_tech_companies
https://www.interbrand.com/best-brands/best-global-brands/2018/ranking/

Komentar

Postingan Populer